Mengenal 4C Diamond dan Light Performance Pada Perhiasan MONDIAL

4C Diamond

MONDIAL merupakan salah satu brand perhiasan premium yang berbeda dari brand-brand lainnya. Apa perbedaannya? Brand satu ini tidak hanya menggunakan penilaian 4C diamond saja. Tapi, juga mengkombinasikannya dengan perspektif terbaru berupa light performance. Apakah Anda penasaran dengan faktor 4C dan light performance ini? Melalui pembahasan ini Anda juga bisa mengetahui perbedaan di antara keduanya. 

Mengenal 4C Diamond

Kualitas 4C merupakan faktor yang paling umum digunakan oleh brand perhiasan berlian. Pasalnya, faktor ini yang juga digunakan oleh lembaga penilaian perhiasan populer yaitu GIA (Gemological Institute of America). Faktor 4C sendiri terdiri dari empat aspek yaitu:

1. Color

Color atau warna berlian merupakan penilaian terhadap seberapa tidak berwarnanya sebuah berlian. Berlian yang paling bagus adalah berlian colorless dengan grade D, E, dan F. Sedangkan berlian paling buruk adalah light yellow dengan grade S-Z. Namun, berlian dengan grade G atau H yaitu near colorless sudah cukup bagus.

2. Clarity

Kejernihan berlian menunjukkan karakteristik atau inklusi di dalam berlian. Inklusi tersebut berasal dari proses pembentukan intan secara alami. Berlian terbaik adalah FL atau flawless dan IF atau internally flawless. Selain itu, ada grade VVS, VS, SI, dan terakhir yang paling buruk adalah I atau included

3. Cut

Potongan berlian sangat penting karena menentukan kilauan dan keindahan berlian. Pastikan memilih berlian dengan cut yang simetris dan presisi. Biasanya, berlian berbentuk bulat atau round cut memiliki 57 atau 58 facet.

4. Carat Weight

Terakhir adalah carat weight atau berat karat. Berlian dengan nilai 1 carat sama dengan 0,2 gram atau 100 poin. Namun, perlu Anda ketahui bahwa berlian yang besarnya sama belum tentu beratnya sama juga. 

Mengenal Kualitas Light Performance

Nah, salah satu penilaian yang berbeda dari brand lain adalah light performance. Penilaian ini akan menyempurnakan penilaian 4C diamond dari GIA. Light performance sendiri adalah penilaian pada kualitas visual dan karakteristik unik sebuah berlian.

Lembaga yang melakukan penilaian adalah Sarine Technology Lab yang menggabungkan ilmu gemologi dengan teknologi AI (Artificial Intelligence). Sama seperti 4C, kualitas light performance ditentukan oleh empat parameter yaitu:

1. Sparkle

Parameter pertama adalah sparkle yaitu pantulan sinar yang muncul setiap perhiasan berlian bergerak. Faktor 4C yang mempengaruhi sparkle tentu saja adalah cut atau potongan berlian. Oleh sebab itu, cut yang Anda pilih wajib memiliki potongan yang ideal dan presisi.

2. Light Symmetry

Light symmetry mempengaruhi bagaimana cahaya dapat didistribusikan pada seluruh sisi berlian. Jika light symmetry-nya bagus, maka pendistribusian cahaya juga bagus. Akhirnya, perhiasan berlian Anda memiliki penampilan yang juga bagus saat berada di bawah cahaya. 

3. Fire

Makna dari fire sendiri adalah api. Namun, pada penilaian light performance, makna fire yaitu warna pelangi yang indah saat cahaya menyentuh sisi berlian. Sederhananya, fire adalah refleksi cahaya yang tampak berwarna-warni. Cut atau potongan berlian yang ideal dan simetris sangat berpengaruh pada fire ini.

4. Brilliance

Faktor light performance yang terakhir adalah brilliance yaitu cahaya putih yang terpancar dari berlian. Cahaya putih yang muncul tersebut merupakan pantulan cahaya ke sisi berlian. Jika nilai brilliance-nya rendah, maka berlian akan terlihat buram dan redup. 

Itulah pembahasan mengenai 4C diamond dan kualitas light performance yang dipakai pada perhiasan MONDIAL. Kecantikan koleksi #MONDIAL memang bisa membuat semua wanita yang melihatnya merasa terpesona. Anda bisa mencari tahu informasi lebih lengkap mengenai koleksinya dengan mengunjungi butiknya langsung. Atau, bisa juga melalui website serta akun Instagram MONDIAL.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Top Up Pulsa Cepat dan Mudah Secara Online

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Bisnis: Arti, Definisi, Karakteristik, Tujuan, Ruang Lingkup, dan Strategi Pertumbuhan