Persiapan Menuju Persalinan: 4 Manfaat Senam Kegel Untuk Ibu Hamil



Salah satu bentuk persiapan yang harus dilakukan bagi ibu hamil adalah senam kegel. Sebab ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan oleh ibu hamil ini, ketika rutin melakukan aktivitas yang satu ini. 

Pentingnya Melakukan Latihan Kegel Bagi Ibu Hamil

Selama periode kehamilan, tentunya akan membawa perubahan signifikan pada tubuh ibu hamil, meliputi salah satunya adalah peningkatan tekanan pada otot panggulnya. 

Latihan kegel ini dapat menjadi salah satu cara yang tepat dalam menjaga kesehatan panggul, serta memberikan dukungan penuh selama fase kehamilan dan juga proses persalinan. 

Manfaat Latihan Kegel Untuk Ibu Hamil

Setidaknya ada 4 manfaat utama yang bisa dirasakan oleh ibu hamil ini, ketika rutin melakukan senam kegel. Adapun diantaranya adalah sebagai berikut: 

  • Menguatkan Otot-Otot Panggul

Latihan kegel ini akan melibatkan otot-otot dasar pada panggul yang mendukung rahim, usus, dan juga kandung kemih. Yang mana otot-otot ini harus memiliki kekuatan ekstra untuk menghadapi perubahan fisik yang terjadi pada fase kehamilan. 

  • Mencegah Inkontinensia Urin

Dengan kondisi otot-otot panggul yang sudah kuat, tentunya akan secara otomatis dapat membantu mencegah masalah inkontinensia urin pada ibu hamil. Yang mana masalah tersebut sangat umum terjadi selama periode kehamilan, akibat dari tekanan yang timbul pada kandung kemih ibu hamil. 

  • Mendukung Kelancaran Proses Persalinan

Otot-otot panggul yang kuat sejatinya dapat membantu ibu hamil dalam memperlancar proses persalinan. Hal ini dapat mengurangi resiko robekan perineum, dan juga memungkinkan kontraksi yang lebih efektif.  

  • Pemulihan Pasca Persalinan yang Lebih Cepat

Latihan kegel yang sudah dilakukan secara rutin selama fase kehamilan, akan membantu memulihkan otot-otot panggul setelah proses persalinan. Selain itu, latihan ini dapat membantu mengembalikan elastisitas serta kekuatan ototnya. 

Selain rutin melakukan senam kegel, penting juga bagi ibu hamil dalam mempersiapkan kebutuhan pasca lahiran lainnya, seperti memilih popok yang tepat bagi bayi yang baru lahir ini. 

Adapun salah satu popok yang kami rekomendasikan untuk ibu hamil pilih adalah, popoknya MAKUKU SAP Diapers, yang memiliki fitur anti gumpal, super tipis, dan juga kemampuan daya serap cairan yang sangat tinggi. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Top Up Pulsa Cepat dan Mudah Secara Online

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Memahami Proses Kreatif di Balik Kampanye Digital Agency Terbaik