Dukung Setiap Fase Perkembangan Bayi yang Krusial



Bayi akan mengalami berbagai perkembangan yang sangat pesat dalam waktu yang singkat. Dalam setiap tahapan perkembangannya, bayi menggunakan indranya untuk memahami, belajar, dan merespons dunia di sekitar mereka. Saat otak mereka berkembang, mereka mulai menunjukkan tanda-tanda komunikasi, seperti penampilan, senyuman, dan suara. Selain itu, otot menjadi lebih kuat dan setelah 6 bulan mereka dapat mulai mengangkat kepala atau mungkin badannya. Dukungan dari orang tua tentunya sangat penting untuk terus dilakukan dengan berbagai macam upaya yang optimal. Tidak hanya itu pastikan anda juga dapat memberikan upaya terbaik dalam menunjang segala proses perkembangan bayi.


Pengetahuan mengenai setiap tahapan perkembangan anak harus diketahui oleh para orang tua. Simak informasi berikut sebagai informasi penting bagi orang tua.


Perkembangan di usia 6 bulan pertama

Sebelum ulang tahun keduanya, bayi kehilangan sekitar 10 persen dari berat badannya karena dehidrasi, tapi jangan khawatir, Moms. Pasalnya, berat badannya akan bertambah dalam beberapa minggu. Anak laki-laki sedikit lebih berat daripada anak perempuan.


Pada tahap ini, mata bayi hanya bisa fokus pada jarak 18-45 cm. Semua gerakan tangan, kaki, dan lengan adalah refleks. Bayi juga mengenali suara ibunya dan terkejut mendengar suara tersebut.


Bulan kedua, bayi dapat membuka dan menutup jari, memegang benda di tangan, memasukkan tangan ke dalam mulut, dan bermain dengan kaki. Matanya juga mulai melihat dan fokus pada objek bergerak atau cahaya terdekat, dan dia mampu mengangkat dada dan kepalanya 45 derajat. Bayi juga dapat berguling ke satu arah dan mulai meraih sesuatu yang menggantung, mencari suara, mengeluarkan suara lain selain menangis, tersenyum dan mengeluarkan suara setelah mendengar suara yang familiar. 


Bayi 3 bulan, dapat merentangkan tangan dan kakinya, berguling, mengangkat kepala untuk mencari suara dan memegang benda lebih lama. Selain itu, mata dapat mengikuti pergerakan benda 180 derajat, mengangkat kepala dan bahu 45-90 derajat, menahan beban pada kaki, dan menggerakkan benda.


Di usia 4 bulan, bayi dapat berguling dari perut ke belakang dan sebaliknya, kaki dapat menyentuh tanah sambil berdiri, dapat duduk meskipun membutuhkan bantuan, berpegangan tangan, memegang benda dengan kedua tangan, membuat lebih banyak ekspresi wajah dan tersenyum secara spontan. 


Menginjak usia 5 sampai 6 bulan, dengan perkembangan fisik yang lebih banyak, ia merasa lebih mudah untuk berguling dari depan ke belakang, memegang jari kakinya dan memasukkan kaki atau benda ke dalam mulutnya. Selain itu, memindahkan objek dari satu tangan ke tangan lainnya.


Jangan lupa memilih popok untuk bayi Anda yang menyerap dengan cepat dan tidak mudah bocor. Dalam hal ini berarti Anda memperhatikan dari segi kualitasnya. Untuk itu pastikan anda mengetahui bahan yang digunakan dalam popok tersebut dengan detail dan apa saja yang menjadi kelebihannya. 


Bagi anda yang hendak membeli popok terbaik bisa memilih MAKUKU SAP Diapers Comfort, pelopor popok dengan struktur inti SAP atau Super Absorbent Polymer dan anti gumpal pertama di Indonesia. MAKUKU SAP Diapers Comfort memiliki keunggulan mampu mengunci cairan, menjaga tetap kering hingga 8 jam serta memberikan kenyamanan ketika bayi aktif bergerak dan membantu tidur nyenyak. Segera dapatkan di berbagai merchant dengan mudah secara online. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Top Up Pulsa Cepat dan Mudah Secara Online

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Memahami Proses Kreatif di Balik Kampanye Digital Agency Terbaik