Ulasan Mengenai Apa itu BI Fast, Kelebihan dan Cara Penggunaanya



Bagi Anda yang ingin transfer dana antar bank namun malas karena adanya biaya administrasi, jangan khawatir! Kini hadir fitur BI Fast yang dapat memungkinkan Anda melakukan kegiatan tersebut tanpa harus membayar biaya administrasi alias gratis! 


BI Fast atau Bank Indonesia Fast payment sendiri merupakan sebuah sistem transfer antar bank yang memiliki berbagai keunggulan yang tentu bisa Anda manfaatkan. Tak hanya itu, transfer dengan sistem ini juga telah dilengkapi dengan sistem pembayaran canggih seperti Sistem Kliring Nasional BI (SKNBI) dan Real Time Gross Settlement (RTGS) sehingga transfer bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan lebih mudah. 


Tahukah Anda, Bank Sinarmas juga sudah menggunakan sistem ini, lho! Anda juga bisa menikmatinya via aplikasi SimobiPlus yang terpasang pada SmartPhone. Dengan hadirnya sistem ini tentu dapat mempercepat sistem pembayaran perbankan digital. Selain itu, hal tersebut juga memungkinkan Anda  untuk melakukan transfer secara online dengan informasi yang dikirim melalui nomor ponsel atau alamat email penerima.


Kelebihan BI Fast Di SimobiPlus

Saat Anda menggunakan sistem ini, ada beberapa kelebihan yang bisa Anda manfaatkan. Diantaranya yaitu:


  • Lebih hemat. Dengan sistem Bank Indonesia Fast Payment, Anda akan terbebas dari biaya admin saat melakukan transfer ke bank lain di SimobiPlus.

  • Lebih fleksibel. Karena beroperasi 24 jam nonstop, maka Anda bisa melakukan transfer kapan saja setiap saat.

  • Lebih cepat. Anda bisa kirim uang, transfer dan langsung sampai hanya dengan menunggu hitungan detik saja.

  • Limit transfer lebih fleksibel. Limit maksimum transfer dengan sistem ini cukup besar. Maksimal limitnya yaitu bisa sampai Rp 250 Juta per transaksi. Selain limit yang besar, minimal transfer ini juga sangat rendah yaitu dimulai dari Rp1.000 saja.

  • Lebih mudah. Anda bisa melakukan transfer dana dengan hanya menggunakan nomor handphone atau e-mail sebagai pengganti nomor rekening, sangat mudah bukan?

  • Lebih aman. Karena sudah dilengkapi dengan teknologi canggih, maka sistem transfer ini dapat nasabah dari berbagai resiko kejahatan seperti penipuan.


Namun sebelum jika Anda ingin menggunakan sistem ini, maka Anda harus mengunduh aplikasi SimobiPlus di Playstore atau AppStore terlebih dahulu. Setelah itu, instal aplikasinya di SmartPhone Anda. 


Cara Melakukan Transfer Dana di SimobiPlus

Setelah aplikasi terpasang, Anda bisa melakukan proses transfer dengan cara berikut:


  • Buka aplikasi SimobiPlus.

  • Pilih menu Send, kemudian pilih Transfer Domestik.

  • Pilih jenis tujuan transfer, bisa nomor rekening, nomor ponsel, atau alamat e-mail.

  • Masukkan nominal transfer dan rekening sumber dana.

  • Klik Transfer Bank Indonesia Fast payment.

  • Masukkan kode SMS Token, maka transaksi selesai.


Perlu digaris bawahi, sebelum melakukan transfer menggunakan nomor ponsel atau alamat e-mail, pastikan Anda menambahkan proxy address di SimobiPlus. Proxy address tersebut berfungsi sebagai pengganti nomor rekening yang lebih mudah diingat. 


Cara Menambahkan Proxy Address

  • Untuk proses ini, Anda bisa klik menu Setting, pilih Transaction Settings, lanjut dengan memilih menu Manage Bank Indonesia Fast payment.

  • Pilih pada menu Add Proxy Address.

  • Pilih tipe alamat proxy, yaitu alamat e-mail atau nomor ponsel.

  • Pilih tipe atau jenis rekening yang akan disambungkan atau dihubungkan dengan alamat proxy.

  • Pastikan kebenaran data, kemudian klik CONFIRM.

  • Masukkan Easy PIN untuk menyelesaikan penambahan proxy address.


Jika sudah menambahkan proxy address, pastikan Anda memperhatikan beberapa syarat dan ketentuan yang ada, ya! Adapun beberapa ketentuan tersebut diantaranya yaitu, satu proxy hanya dapat disambungkan dengan satu rekening, kemudian Anda juga hanya bisa mengubah dan menghapus nomor rekening yang tersambung melalui fitur Manage Bank Indonesia Fast payment. 


Jika Anda menyambungkan proxy yang terdaftar di bank lain ke Bank Sinarmas, maka proxy di bank lain tersebut akan terhapus dengan otomatis. Anda juga bisa menyambungkan proxy yang terdaftar di Bank Sinarmas ke bank lain. Demikian ulasan seputar apa itu BI Fast, kelebihan yang bisa Anda manfaatkan serta cara menggunakan sistemnya via SimobiPlus persembahan dari Bank Sinarmas. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Top Up Pulsa Cepat dan Mudah Secara Online

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Memahami Proses Kreatif di Balik Kampanye Digital Agency Terbaik