Tips Hindari Kredit Macet Saat Memiliki Pinjaman Dana Tunai

 




Adanya fintech dan aplikasi kredit online memang memudahkan masyarakat mendapatkan pinjaman dana tunai. Namun seiring dengan keuntungannya tersebut, pinjaman tunai bisa merugikan apabila Anda tidak melakukan pertimbangan dengan matang. Tidak sedikit yang akhirnya mengalami kredit macet karena tidak bisa membayar cicilan bulanan. Agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, terapkan tips menghindari kredit macet berikut ini:

Hindari Meminjam Dana untuk Kebutuhan Konsumtif

Pinjaman tunai pada umumnya termasuk jenis pinjaman yang fleksibel. Artinya, Anda bisa menggunakannya untuk berbagai macam kebutuhan, termasuk kebutuhan konsumtif. Meskipun begitu, pastikan Anda tidak meminjam dana untuk kebutuhan konsumtif agar tidak kebingungan saat mencicil. Pinjam lah dana saat memang benar-benar membutuhkan. 

Tentukan Nilai Pinjaman dengan Tepat

Tips selanjutnya yaitu menentukan nilai pinjaman yang tepat. Anda mungkin memiliki nilai plafon yang tinggi, namun usahakan meminjam sesuai kebutuhan. Secara idealnya, cicilan bulanan adalah 30% dari gaji Anda.



 

Lebih Berhemat untuk Biaya Sehari-hari

Jika memang sangat membutuhkan pinjaman tunai untuk sesuatu, maka sebaiknya mulailah berhemat. Jadikan cicilan bulanan sebagai prioritas Anda. Bijaklah dalam memanajemen keuangan bulanan agar semuanya berhasil terpenuhi. 

Bayar Cicilan Tepat Waktu

Terlambat membayar cicilan malah bisa membuat Anda tambah kebingungan. Bahkan jika telat terlalu lama, cicilan akan semakin banyak dan tidak jarang yang berakhir kredit macet. Pasalnya setiap bank atau leasing menerapkan denda apabila telat bayar cicilan.

Simulasi Kredit

Simulasi kredit merupakan salah satu cara membantu Anda menentukan pinjaman dengan tepat. Melalui simulasi kredit, Anda bisa mengetahui besar perkiraan cicilan bulanan. Jika dirasa terlalu besar, Anda bisa mengurangi nilai pinjaman atau menambah tenor pinjaman. Dengan begitu, cicilan bulanan Anda akan lebih kecil serta sesuai penghasilan.

Itulah tips menghindari kredit macet ketika akan mengajukan pinjaman dana tunai. Rekomendasi aplikasi terbaik dan terpercaya yang aman digunakan adalah Kreditplus Mobile dari PT KB Finansia Multi Finance (Kredit Plus). Bukan hanya aman dan nyaman saja, banyak keuntungan lain seperti plafon tinggi, tenor panjang, pengajuan mudah, pembayaran mudah, dan lain sebagainya. Cari tahu informasi lebih lengkap mengenai pengajuan pinjaman Kreditplus Mobile di website https://app.kreditplus.com/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Top Up Pulsa Cepat dan Mudah Secara Online

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Memahami Proses Kreatif di Balik Kampanye Digital Agency Terbaik