Sekilas Informasi, Prospek Kerja Hingga Biaya Kuliah Jurusan Radiologi

Jurusan radiologi yaitu salah satu cabang ilmu pendidikan tinggi di bidang kedokteran yang cukup populer dan banyak diminati oleh banyak calon mahasiswa. Jika Anda memutuskan untuk berkuliah di jurusan ini, maka Anda akan mempelajari tentang pemindaian dan diagnosis bagian dalam tubuh manusia dengan menggunakan radiasi gelombang. Mungkin Anda sudah tidak asing ketika mendengar kata rontgen. Ya, rontgen adalah salah satu cara untuk mengetahui keadaan tubuh manusia bagian dalam yang tidak bisa dilihat dengan mata secara langsung dan untuk melakukan rontgen harus dilakukan oleh tenaga ahli ilmu radiologi yang telah menempuh pendidikan spesialis. Bagi Anda yang tertarik dengan Jurusan Radiologi, berikut kami hadirkan sekilas informasi mengenai apa itu radiologi prospek kerja hingga perkiraan Biaya Kuliah Jurusan Radiologi. Pastikan simak artikel ini hingga tuntas, ya!

Apa Itu Radiologi?

Pada awalnya, teknik radiologi digunakan untuk memindai kondisi tubuh manusia bagian dalam dengan memanfaatkan radiasi sinar-x. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, radiologi pun semakin baik sehingga munculah teknologi-teknologi terbaru. Kini teknik radiologi tidak hanya mengandalkan sinar-x saja, bahkan bisa juga menggunakan sinar ultrasonik seperti MRI & USG.

Perlu diketahui, Jurusan Radiologi di berbagai universitas terbagi menjadi beberapa jenis dan klasifikasi yang berbeda-beda. Contohnya, spesialis radiologi yang hanya bisa diambil setelah pendidikan dokter umum, lalu ada Teknik Radiologi, Teknik Radiodiagnostik serta Radioterapi. Memang semuanya berhubungan dengan radiologi namun fokus dan kurikulumnya berbeda antara satu dengan yang lainnya. 


Pengetahuan dan Keahlian

Setiap mahasiswa lulusan jurusan radiologi, mereka akan memiliki pengetahuan dan keahlian sebagai berikut:

  • Kemampuan analisis
  • Kemampuan komunikasi
  • Pemahaman fisiologi
  • Pemahaman anatomi
  • Pemahaman fisika

Prospek Kerja

Prospek kerja untuk lulusan ini memang sangat baik dengan jaminan masa depan yang menjanjikan. Adapun peluang kerja yang bisa Anda dapatkan setelah lulus kuliah jurusan radiologi diantaranya yaitu:

Radiografer

Radiografer adalah salah satu profesi di dunia kedokteran yang paling banyak diimpikan oleh mahasiswa jurusan ini. Seorang radiografer memiliki tugas untuk mengambil foto rontgen pasien yang akan melakukan pengobatan. 

Tidak hanya dibutuhkan di rumah sakit saja, tenaga ahli radiografer juga dibutuhkan di klinik-klinik khusus.

Terapis radiologi

Tugas seorang terapis radiologi sendiri yaitu melakukan diagnosis medis untuk kebutuhan terapi pasien. Karena biasanya untuk beberapa penyakit tertentu dibutuhkan terapi radiologi yang dilakukan oleh terapis.

Akademisi

Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk menjadi tenaga pengajar, Anda bisa mewujudkannya meskipun kuliah jurusan radiologi. Karena setelah lulus Anda juga bisa melamar menjadi akademisi di kampus-kampus.

Peneliti

Prospek karir Jurusan Radiologi yang terakhir adalah peneliti. Tentu saja penelitian yang dilakukan dikhususkan pada bidang radiologi. Untuk menjadi seorang peneliti, Anda harus memiliki kemampuan analisis yang bagus.

Rekomendasi Kampus dan Biaya Kuliah Jurusan Radiologi

Dari beberapa perguruan tinggi yang menyediakan jurusan radiologi, Universitas Indonesia atau UI bisa menjadi pilihan yang paling tepat. Ya, UI yang merupakan Universitas terbaik di Indonesia dan bertaraf Internasional ini juga menawarkan Jurusan Radiologi untuk Anda meski jurusan ini berada di jenjang spesialis, program pendidikan dokter spesialis radiologi bisa ditempuh setelah pendidikan dokter umum. 

Berbeda dengan tingkatan sarjana yang menawarkan beberapa jalur masuk, program pendidikan spesialis ini hanya menawarkan satu jalur masuk saja yaitu SIMAK. 

Jika Anda ingin menempuh pendidikan spesialis radiologi di Universitas Indonesia, maka harus lulus ujian SIMAK terlebih dahulu. Untuk jadwal ujian biasanya diinformasikan melalui website resmi kampus.

Biaya kuliah jurusan radiologi untuk kelas reguler yaitu Rp16.000.000,00 dengan rincian Dana Pengembangan (DP) yang dibayarkan di awal perkuliahan dan untuk Biaya Operasional Pendidikan (BOP) sebesar Rp7.500.000,00 yang dibayarkan setiap semester.

Sedangkan biaya untuk Kelas Khusus dengan batas usia daftar maksimal 40 tahun, Biayanya yaitu Rp41.000.000,00 untuk DP dan Rp15.000.000,00 untuk BOP.

Itulah sekilas mengenai apa itu radiologi, prospek kerja hingga biaya kuliah jurusan radiologi yang harus Anda ketahui. Untuk informasi lebih lengkap terkait jurusan radiologi di Universitas Indonesia bisa Anda lihat di laman Universitas Indonesia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Top Up Pulsa Cepat dan Mudah Secara Online

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Memahami Proses Kreatif di Balik Kampanye Digital Agency Terbaik