Kenali Jenis Gangguan Pada Sistem Pencernaan Kucing



Seperti manusia, sistem pencernaan pada kucing berfungsi sebagai tempat jalur serta penyerapan makanan. Jika ingin anabul tumbuh sehat, maka Anda harus memastikan sistem pencernaannya selalu dalam keadaan yang sehat. Pasalnya ada beberapa jenis gangguan pada sistem pencernaan kucing yang bisa mengganggu fungsinya. Berikut ini adalah jenis gangguannya yang harus Anda kenali:

Cacingan

Parasit merupakan salah satu penyebab gangguan pencernaan kucing yang sering terjadi. Gangguan parasit biasanya menyebabkan kucing mengalami cacingan. Gejalanya yaitu muntah, berat badan menurun, perut buncit, muncul lesi, dan bulu terlihat kusam. Sedangkan penularannya melalui lingkungan, kutu-kutuan, atau susu induk. Salah satu jenis cacing yang menyebabkan cacingan pada kucing adalah toxocara sp.

Diare

Jenis gangguan sistem pencernaan selanjutnya adalah diare. Salah satu penyebab diare yaitu kontaminasi bakteri pada makanan kucing. Selain itu, diare juga disebabkan oleh infeksi, salah memilih makanan, bahkan gejala keracunan. Jadi secara umum penyebab diare bisa berupa bakteri, keracunan, atau virus. Tubuh kucing yang tidak mampu melawan bakteri akan mengalami diare.



Bola Bulu

Jika sudah memelihara kucing dalam jangka waktu lama, Anda pasti tidak asing lagi dengan istilah bola bulu. Pasalnya gangguan pencernaan ini biasa terjadi, terutama pada kucing berbulu panjang dan lebat. Kucing biasa membersihkan diri dengan cara menjilati bulu, secara tidak sengaja bulu tertelan dan masuk ke pencernaan. Bola bulu yang kecil bisa keluar dengan kotoran, namun jika bola bulunya besar, Anda harus membawa ke dokter karena bisa menyebabkan masalah pencernaan yang serius.

Radang Saluran Pencernaan

Jenis gangguan pencernaan kucing yang terakhir adalah radang. Saluran pencernaan kucing terdiri dari beberapa organ. Apabila ada peradangan di salah satu atau beberapa organ, maka pencernaan makanan akan terganggu. Bahkan bisa menyebabkan iritasi. Peradangan membutuhkan bantuan dokter untuk mengatasinya.

Itulah beberapa jenis gangguan pada sistem pencernaan kucing yang perlu Anda kenali dan pelajari. Jika terdapat tanda-tanda gangguan pencernaan, Anda harus segera mengobatinya agar tidak semakin parah. 

Selain itu, Anda bisa menjaga kesehatan pencernaan kucing dengan memberikan makanan bernutrisi dari Royal Canin. Kandungan nutrisinya disesuaikan dengan kebutuhan anabul Anda. Pilih varian yang tepat melalui website Royal Canin yaitu www.royalcanin.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Top Up Pulsa Cepat dan Mudah Secara Online

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Memahami Proses Kreatif di Balik Kampanye Digital Agency Terbaik