Best University in Indonesia: Sejarah Kampus Universitas Indonesia

Semua orang pasti ingin masuk ke kampus terbaik di Indonesia. Pasalnya menjadi lulusan best university in Indonesia atau universitas terbaik di Indonesia mendatangkan peluang yang lebih menjanjikan di dunia kerja nantinya. banyak perusahaan bonafid yang lebih mempertimbangkan lulusan universitas ternama saat rekrutmen kerja. 

Universitas Indonesia atau UI merupakan kampus terbaik di Indonesia yang layak untuk Anda jadikan pilihan. Berdasarkan peringkat dari The Times Higher Education (THE) World Higher Education, kampus ini menyandang gelar sebagai kampus peringkat satu di Indonesia. Tidak heran jika banyak sekali calon mahasiswa yang tertarik untuk kuliah di ini. Namun sebelum menjadi mahasiswa UI, Anda harus mengetahui sejarah menariknya berikut:

Zaman Pendudukan Belanda (Mulai Tahun 1849 Sampai 1946)

Sejarah kampus ini sudah dimulai sejak ratusan tahun lalu ketika Indonesia masih diduduki oleh Belanda. Cikal bakal kampus dimulai pada sekitar tahun 1849. Pada awalnya, nama kampus ini adalah Dokter-Djawa School. 

Sekitar 50 tahun berselang yaitu tahun 1898, nama Dokter-Djawa School berganti menjadi nama baru yaitu School tot Opleiding van Indische Artsen atau yang lebih akrab dengan nama STOVIA. STOVIA merupakan institusi pendidikan yang sering terlihat di buku-buku sejarah.

Dulu STOVIA bukan perguruan tinggi namun baru sekolah menengah untuk mendidik orang-orang yang akan dijadikan juru cacar atau medisch vaccinateur. Pada masa tersebut pendidikan bisa ditempuh selama kurang lebih 2 tahun saja.

STOVIA akhirnya menjadi kampus atau perguruan tinggi mulai dari tahun 1902. Mereka yang lulus dari STOVIA bisa mendapatkan gelar Inlandsche Arts atau Dokter Bumiputera. Selama sekitar 75 tahun, STOVIA menjadi tempat menempuh pendidikan terbaik bagi mereka yang ingin menjadi dokter di Indonesia. Namun akhirnya kampus harus ditutup pada tahun 1927.

Meskipun STOVIA ditutup, namun sekolah kedokteran masih dibangun bersama dengan empat sekolah lain yang tersebar di pulau Jawa. Contohnya yaitu Technische Hoogeschool te Bandoeng atau Fakultas Teknik di Bandung, Faculteit van Landbouwwetenschap atau Fakultas Pertanian di Bogor, Recht Hoge School atau Fakultas Hukum di Batavia, dan Faculteit der Letteren en Wijsbegeerte atau Fakultas Sastra dan Kemanusiaan di Batavia. 

Lima sekolah yang ada di pulau Jawa tersebut menjadi cikal bakal dari Universitas Darurat atau Nood Universiteit yang didirikan pada tahun 1946.

Zaman Modern (Mulai dari 1970-an Sampai Sekarang)

Universitas Indonesia secara resmi memulai kegiatannya pada tahun 1950. Waktu itu presiden atau rektor pertamanya adalah Ir. RM Pandji Soerachman Tjokroadisoerio. Kantornya berada di Jalan Salemba yang ada di Jakarta. 

Sebelum kampus Depok berdiri pada tahun 1987, kampus ini dibagi menjadi tiga lokasi yaitu Salemba, Rawamangun, dan Pegangsaan Timur. Kampus yang ada di Rawamangun dan Pegangsaan Timur tidak digunakan lagi. 

Sekarang hanya ada kampus Depok yang besar dan kampus Salemba untuk Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, serta Pascasarjana. Jadi kampus ini memiliki dua lokasi kampus di Depok dan Jakarta. Namun kampus intinya ada di Depok karena fasilitasnya lebih lengkap. Gedung rektorat juga berada di kampus Depok.

Itulah pembahasan mengenai best university in Indonesia yaitu Universitas Indonesia atau UI. Bukan hanya menjadi yang terbaik saja, kampus ini menawarkan sejarah yang sangat penting untuk pendidikan di Indonesia. Daftar jurusan dan semua hal mengenai kampus ini termasuk jalur masuk yang ditawarkan bisa Anda lihat di website resmi kampus yaitu www.ui.ac.id.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Top Up Pulsa Cepat dan Mudah Secara Online

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Memahami Proses Kreatif di Balik Kampanye Digital Agency Terbaik