Tips Agar Diterima Menjadi Mahasiswa International University

Globalisasi yang terjadi di dunia memicu semua orang untuk meningkatkan kompetensinya. Bukan hanya orang-orang dari dalam negeri saja, Anda juga akan bersaing dengan orang dari negara lain setelah lulus kuliah. Karena alasan tersebut, tidak sedikit calon mahasiswa yang tertarik berkuliah di international university atau universitas bertaraf internasional. 

Universitas bertaraf internasional menawarkan kelas internasional dan program double degree. Jika menjadi mahasiswa double degree, Anda bisa mendapatkan dua gelar yaitu gelar dalam negeri dan internasional. Lalu bagaimana agar bisa diterima menjadi mahasiswa universitas internasional? Berikut caranya:

Menentukan Program Studi Sesuai Minat

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu mengenai minat dan bakat untuk menentukan program studi yang tepat. Pasalnya tidak semua program studi menawarkan kelas internasional. Selain itu, Anda juga harus menentukan universitas internasional yang tepat berdasarkan reputasi dan kredibilitas kampus. Kuliah di kampus yang memiliki reputasi membuat Anda selangkah lebih maju.

Buat Esai dengan Baik

Beberapa universitas internasional mengharuskan calon mahasiswa yang mendaftar untuk membuat esai. Hal ini sangat penting untuk kelanjutan pendaftaran yang Anda lakukan. Jadi pastikan Anda menulis esai dengan baik. Pikirkan topik yang menginspirasi sehingga membuat kampus tertarik. Setelah membuat esai, coba minta guru, konselor, atau orang tua untuk me-review.


Persiapkan Wawancara

Kelas internasional terutama ketika mendaftar double degree sangat kompetitif. Terkadang Anda membutuhkan ujian wawancara pribadi sebelum diterima sebagai mahasiswa. Jika ada ujian wawancara, pastikan Anda melakukan persiapan dengan baik. Cari tahu apa saja pertanyaan yang biasanya diajukan dalam ujian wawancara dan lakukan latihan agar percaya diri saat menghadapi ujian.

Pilih Rekomendasi dengan Bijak

Universitas internasional terkadang juga membutuhkan rekomendasi. Pasalnya melalui rekomendasi tersebut, pihak kampus bisa melihat bagaimana intelektual dan karakter calon mahasiswa. Mereka juga bisa tahu bagaimana Anda belajar dan berkontribusi. Rekomendasi berasal dari orang-orang yang kompeten untuk menunjukkan potensi serta pencapaian Anda. Bisa dari guru ataupun kepala sekolah di mana Anda menempuh pendidikan sekolah menengah.

Lengkapi Aplikasi

Langkah selanjutnya yaitu melengkapi aplikasi pendaftaran di universitas internasional. Pastikan semua persyaratan sudah dipenuhi dengan baik. Jangan sampai ada persyaratan penting yang tidak terunggah. Apalagi sertifikat-sertifikat kompetensi sangat penting untuk mendaftar program khusus seperti double degree.

Lakukan Ujian Tulis

Selain jalur undangan melalui rekomendasi sekolah, beberapa kampus juga membuka kesempatan lainnya untuk berjuang masuk universitas internasional. Kesempatan terakhir yaitu melalui ujian tulis berbasis komputer. Bagi beberapa orang, ujian tulis sangat berat karena harus fokus belajar selama beberapa bulan. Namun Anda tidak boleh menyerah karena kuliah di universitas internasional memiliki banyak keuntungan.

Universitas Internasional Terbaik di Indonesia

Universitas Indonesia atau UI merupakan universitas bertaraf internasional yang cocok dijadikan pilihan. Mahasiswa yang menempuh pendidikan di kampus ini berasal dari 26 negara lebih. Dengan begitu terjadi percampuran kultur yang bisa membuat Anda belajar banyak hal. Bukan hanya itu saja, kampus ini juga research-focused pada berbagai sektor.

Tersedia kelas internasional untuk single degree dan juga double degree. Anda bisa mendaftar kelas internasional melalui ujian tulis SIMAK atau talent scouting. Mengambil double degree di international university seperti UI sangat menguntungkan. 

Tidak hanya mengambil kelas internasional saja, mahasiswa internasional juga bisa mengambil kelas reguler. Ada banyak program studi dan jurusan yang bisa disesuaikan dengan minat. Informasi pendaftaran bisa dilihat secara lengkap melalui website www.ui.ac.id.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Top Up Pulsa Cepat dan Mudah Secara Online

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Bisnis: Arti, Definisi, Karakteristik, Tujuan, Ruang Lingkup, dan Strategi Pertumbuhan