Strategi Research Keyword yang Baik untuk Digital Marketing

Search engine optimization atau yang kita kenal dengan istilah seo, menjadi salah satu teknik digital marketing yang efektif dalam meningkatkan performa website bisnis Anda. Pasalnya dengan teknik atau strategi ini, performa website Anda dioptimasi agar tamil pada peringkat teratas di halaman pencarian google. Salah satu yang menjadi poin penting dalam teknik atau strategi digital marketing adalah research keyword.

Research keyword merupakan tahapan proses pencarian keyword optimasi agar didapatkan keyword yang tepat yang bisa meningkatkan elektabilitas performa website di mesin pencarian google. Dengan keyword yang tepat dan juga optimasi yang sesuai diharapkan bisa meningkatkan posisi website di mesin pencarian google.

Dalam melakukan tahapan research keyword, tentunya banyak tahapan dan analisa yang mesti dilakukan agar mendapatkan target keyword yang tepat. Selain itu, dibutuhkan juga beberapa strategi agar goals dari tahapan tersebut bisa tercapai. Berikut beberapa strategi yang bisa diaplikasikan datu dilakukan saat Anda melakukan tahapan research keyword untuk campaign bisnis Anda:

Analisa Keywords Kompetitor

Hal yang pertama yang bisa Anda lakukan disaat research keyword adalah dengan melakukan Analisa keyword kompetitor bisnis. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar didapatkan keywords yang banyak dicari oleh calon customer sehingga bisa mendapatkan banyak referensi keywords yang akan ditargetkan pada tahapan optimasi.

Memahami tipe keyword yang akan dioptimasi

Dalam menemukan kata kunci atau keyword yang tepat untuk dioptimasi hal yang pertama yang harus Anda pahami adalah memahami tipe dan karakter dari kata kunci itu sendiri. Hal ini sangat bermanfaat saat anda akan melakukan keywords grouping untuk beberapa landing website yang akan dioptimasi. Adapun tipe-tipe dari keyword tersebut meliputi

short tail keywords

Tipe keywords ini biasanya terdiri dari satu atau maksimal dua kata dasar.  Biasanya tipe keyword ini memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi karena banyak dipakai oleh orang dalam mencari informasi. Short tail keywords banyak digunakan untuk mengoptimalkan proses optimasi websitenya

Long tail keyword

Long Tail keyword merupakan gabungan short tail keyword atau modifikasi dari short tail menjadi kata yang lebih panjang. Keyword yang satu ini memiliki tingkat persaingan  yang relatif lebih rendah. Namun hal yang susah adalah menemukan keyword dengan volume search yang tinggi, alasanya karena kebanyakan orang mengakses informasi biasanya dengan kata yang singkat.

Keyword Abadi

Seperti yang kita ketahui, setiap niche websites memiliki keyword abadi yang selalu pasti orang gunakan ketika akan mengakses informasi. Kata atau keyword tersebut biasanya sangat relevan dan identik dengan apa yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Keyword Musiman

Keyword yang satu ini merupakan tipe keyword yang terbentuk karena sesuatu hal yang timbul pada waktu tersebut. Keyword tersebut muncul bis karena trending, isu ataupun topik hangat yang sedang terjadi pada masyarakat.

Keyword Mapping

Keyword mapping merupakan salah satu strategi yang dilakukan untuk membangun relevansi yang bagus antara keyword dengan data yang terhubung. Istilah ini juga sering juga kita namakan dengan istilah building link.Hal ini sangat penting untuk meminimalisir banyak halaman dengan target keyword yang sama karena algoritma google hanya akan memilih satu halaman yang paling baik untuk dinilai.

Penggunaan Keyword Tool Free

Untuk mempermudah dalam proses riset keyword maka Anda bisa melakukanya dengan beberapa keyword tool yang tentunya gratis. Beberapa tol tersebut diantaranya:

  • google keyword planner
  • google trends
  • keyword fever
  • moz
  • keywordtool.io dll






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Top Up Pulsa Cepat dan Mudah Secara Online

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Memahami Proses Kreatif di Balik Kampanye Digital Agency Terbaik