Makanan Khas Betawi yang Wajib Dicoba



Betawi memiliki sejumlah makanan khas yang sangat populer dan disukai. Ada beberapa di antaranya yang wajib Anda coba minimal sekali seumur hidup. Nah, berikut ini kami akan coba jelaskan kepada Anda beberapa makanan khas Betawi yang populer dan banyak disukai.

1.  Gurame Pecak

Makanan ini memiliki dua versi. Versi pertama yaitu gurame pecak plus sambal kacang dan versi kedua yaitu gurame pecak tanpa menggunakan sambal kacang. Makanan khas ini bisa Anda temukan di warung makan tradisional.

2.  Nasi Ulam

Makanan khas selanjutnya yaitu Nasi Ulam yang saat ini sudah semakin langka keberadaannya. Makanan ini adalah kuliner nasi putih yang dicampur dengan rempah-rempah dan juga lauk. Selain itu juga dibuat dengan taburan daun pegagan atau kemangi.

3.  Makanan Sayur Besan

Kuliner yang satu ini merupakan hidangan menu makanan yang wajib dihidangkan pada proses seserahan seperti pernikahan adat betawi. Bahan utama makanan ini yaitu bunga tebu atau terubuk. Proses pembuatannya tergolong sulit, sehingga makanan ini biasanya hanya tersedia di restoran.

4.  Soto Tangkar

Jenis olahan makanan ini tidak sulit ditemukan. Karena olahan makanan ini masih banyak peminatnya, dan juga penjualnya di berbagai daerah. Olahan makanan ini sudah hadir dari masa era penjajahan Belanda. Hingga saat ini masih tetap bertahan dan banyak tempat makan yang menyediakan menu ini.

5.  Soto Betawi

Makanan ini juga masih cukup populer di berbagai daerah, khususnya Jabodetabek. Soto Betawi merupakan kuliner lezat yang paling populer di Jakarta. Makanan ini sama seperti soto lainnya, seperti Soto Madura, Soto Sulung, dan lainnya yang menggunakan bahan jeroan.

6.  Kerak Telor

Hingga saat ini, kerak telor masih tetap menjadi salah satu kuliner yang paling populer dari Betawi. Makanan ini bisa ditemukan di jalanan, karena merupakan salah satu jajanan kaki lima yang paling populer. Cara pengolahannya pun tergolong unik, dan rasanya pun sangat lezat.

Itulah beberapa makanan khas Betawi yang wajib Anda coba. Dapatkan informasi menarik lainnya seputar kuliner hanya di situs UFS (Unilever Food Solutions).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Top Up Pulsa Cepat dan Mudah Secara Online

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Memahami Proses Kreatif di Balik Kampanye Digital Agency Terbaik