Tips Investasi Menggunakan Deposito Online untuk Pemula



Investasi menjadi salah satu cara untuk menyelamatkan aset dari gerusan inflasi yang semakin tinggi. Tanpa adanya investasi, maka aset atau uang yang Anda miliki nilainya akan terus menurun. Meskipun semua orang sudah paham pentingnya investasi, namun masih banyak yang ragu karena risikonya yang tinggi. Deposito online menjadi jenis investasi yang tepat untuk Anda baru terjun di dunia investasi.

Deposito sendiri merupakan produk perbankan semacam tabungan namun memiliki jangka waktu. Anda sebagai pemilik deposito tidak boleh mengambil tabungan sebelum jangka waktu berakhir. Jika melakukannya, maka akan dikenakan denda sesuai kebijakan bank. Keuntungan deposito sama seperti tabungan yaitu berasal dari bunga. Namun bunga deposito lebih besar dari tabungan sehingga masuk ke salah satu jenis investasi.



Pilih Produk dari Bank yang Tepat

Ada banyak sekali lembaga keuangan dan bank yang menawarkan investasi berupa deposito pada nasabahnya. Langkah terpenting saat akan investasi adalah memilih produk dari bank yang tepat. Pastikan lembaga keuangan dan bank yang Anda pilih sudah terdaftar OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan BI (Bank Indonesia). 

Jangan mudah tergiur lembaga keuangan ilegal yang menawarkan iming-iming bunga tinggi. Pasalnya risikonya besar apabila Anda tertipu oleh mereka. Usahakan memilih bank yang sudah familiar di telinga Anda maupun orang banyak.

Pilih Jangka Waktu atau Tenor Sesuai Tujuan Finansial

Jika sudah memilih produk dari bank yang tepat, selanjutnya yaitu mempertimbangkan jangka waktu atau tenor. Berbeda dengan tabungan biasa, Anda harus mempertimbangkan tenor dengan baik untuk meminimalisir risiko mengambil dana sebelum waktunya. Petimbangkan tujuan investasi Anda ini termasuk jangka pendek atau panjang. Tenor deposito biasanya mulai dari 1 bulan sampai dengan 36 bulan.

Simpan Dana di Beberapa Tenor

Jika bingung memilih tenor yang tepat, Anda bisa mempertimbangkan untuk menyimpan dana di beberapa tenor. Contohnya ada deposito dengan jangka waktu pendek misalnya 3 bulan. Selain itu, ada juga deposito jangka panjang misalnya 36 bulan. Melalui cara ini, Anda bisa mengetahui likuiditas deposito.

Pertimbangkan Nominal yang Akan Ditempatkan

Setiap produk deposito dari bank memiliki kebijakan sendiri-sendiri mengenai minimal setoran awal. Usahakan memilih produk dengan setoran awal ringan. Jadi Anda yang masih belajar bisa menghindari risiko besarnya. Saat ini ada deposito berbasis online mulai dari Rp500.000,00 saja.

Pilih Mata Uang yang Dianggap Paling Menguntungkan

Ada bank yang menawarkan produk deposito melalui berbagai mata uang. Biasanya mata uang asing cukup menguntungkan untuk dijadikan investasi. Pertimbangkan mata uang yang Anda anggap menguntungkan. Contohnya USD, JPY, CNY, dan lain-lain.

Rekomendasi Deposito Berbasis Online dari Bank Sinarmas

Bank Sinarmas merupakan salah satu bank di Indonesia yang menawarkan deposito berbasis online. Bukan hanya menguntungkan karena bunganya tinggi, deposito ini juga memiliki nominal penempatan rendah yaitu mulai dari Rp500.000,00. Hanya dengan model Rp500.000,00, Anda sudah bisa memiliki investasi yang menjanjikan.

Lalu bagaimana cara membuka depositonya, berikut di antaranya:

  • Pastikan sudah memiliki rekening tabungan atau giro dari bank. Jika belum, maka Anda harus membukanya terlebih dahulu.

  • Jika sudah punya rekening tabungan, langsung masuk saja ke aplikasi SimobiPlus.

  • Di halaman awal, pilih menu “Deposito Berjangka Baru”.

  • Masukkan data yang dibutuhkan seperti rekening sumber dana, nominal dana yang akan dijadikan deposito, jangka waktu atau tenor, serta jenis perpanjangannya.

  • Pilih “Saya Setujui”.

  • Pilih “Membuat Deposito Berjangka”.

  • Masukkan EasyPIN.

  • Selesai.

Itulah pembahasan mengenai tips investasi menggunakan deposito online yang aman serta rekomendasi produknya. Anda sebagai pemula harus memilih produk yang aman dan pasti. Selain deposito berbasis online, ada juga deposito dengan tenor dan bunga lebih tinggi. Silahkan simak informasi lebih lengkapnya pada website bank yaitu www.banksinarmas.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Top Up Pulsa Cepat dan Mudah Secara Online

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Tips Memilih Tempat Kursus Film Terbaik dan Kredibel