Kenali Ciri-Ciri Kucing Obesitas Berikut Ini

kucing obesitas


Kucing yang gendut memang terlihat lucu dan menggemaskan. Namun kondisi kucing obesitas atau kelebihan berat badan tidak baik untuk kesehatan anabul Anda. Pasalnya obesitas bisa memicu risiko kesehatan lain yang berakibat buruk pada kondisi kucing. Ketahui apa saja ciri-ciri obesitas pada kucing agar bisa mengatasinya. 

Suka Bermalas-malasan

Ciri-ciri kucing mengalami obesitas yang pertama adalah perilakunya yang cenderung menjadi suka bermalas-malasan. Kucing biasanya akan lebih suka duduk atau tiduran seharian daripada jalan-jalan atau bermain. Selain itu, kucing juga menjadi sulit untuk melompat atau memanjat sesuatu seperti tangga, kursi, dan lain sebagainya.

kucing obesitas


Tulang Rusuk atau Panggul Tidak Terasa Jika Diraba

Tulang rusuk atau tulang panggul menjadi ciri selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk menentukan obesitas pada kucing. Cara memeriksanya yaitu dengan menempelkan telapak tangan ke rusuk kucing. Coba rasakan apakah tulang rusuknya terasa atau tidak. Jika tulang rusuk atau panggung tidak terasa, maka kucing tersebut masuk obesitas. 

Terlihat Rata dari Bagian Atas

Selain memeriksa tulang rusuk, Anda juga bisa memeriksa bagian atas kucing. Perhatikan kucing dari atas lalu lihat pinggang dan pinggulnya. Pinggang dan pinggul dari kucing yang mengalami obesitas tidak terlihat. Selain itu biasanya kucing yang obesitas terlihat seperti persegi panjang dengan punggung rata.

Bulu Sedikit Berminyak

Kucing termasuk hewan yang suka kebersihan sehingga senang merawat bulunya sendiri dengan cara grooming. Kucing yang mengalami obesitas tidak bisa grooming sendiri karena sulit bergerak. Akibatnya bulunya sedikit berminyak serta kadang berketombe.

Anus Kotor

Tidak hanya membersihkan bulu saja, grooming pada kucing juga dengan membersihkan area anus. Kucing yang sehat memiliki anus yang bersih. Sedangkan kucing yang obesitas sulit menjangkau anus sehingga area anus menjadi kotor. 

Itulah beberapa ciri-ciri kucing obesitas yang perlu Anda ketahui. Pastikan Anda mengatur pola makan dengan baik agar berat badan anabul menjadi ideal. Pilih makanan berkualitas dari Royal Canin yang membantu diet kucing. Informasi makanan yang tepat bisa Anda lihat melalui www.royalcanin.com.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Top Up Pulsa Cepat dan Mudah Secara Online

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Tips Memilih Tempat Kursus Film Terbaik dan Kredibel