Berbagai Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Perut Pada Anak

Usia anak merupakan usia perkembangan maksimal pada tubuh sekaligus juga menjadi usia yang rentan akan berbagai penyakit yang datang, salah satunya seperti sakit perut yang menjadi hal paling umum dihadapi anak-anak. Menangani masalah anak yang mengalami sakit perut tentunya harus berdasarkan dari gejala yang dialami sehingga cara mengatasi sakit perut pada anak yang dilakukan sesuai dan tepat.

Ada berbagai penyebab yang menjadikan anak sakit perut terutama yang berasal dari konsumsi makanan anak. konsumsi makanan anak yang tidak tepat bisa menjadikan anak mengalami sakit perut, selain itu adanya masalah pencernaan atau gangguan infeksi seperti masalah usus juga bisa menjadi penyebabnya. Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi sakit perut pada anak, sebaiknya ketahui pula gejalanya supaya penanganan yang dilakukan tepat.

Gejala yang timbul dari sakit perut pada anak sendiri bisa diperhatikan mulai dari durasi waktunya, lokasi nyeri, adanya demam, diare, penampilan anak yang pucat, berkeringat, dan yang lainnya. Mengetahui gejalanya ini untuk memudahkan dalam mengatasinya, seperti dengan melakukan cara-cara berikut.

Mengatasi mulai dari gejala yang ditimbulkan. Ada berbagai cara untuk mengatasi anak yang mengalami sakit perut dengan melakukan berbagai hal seperti memberikan anak cairan untuk diminum seperti dengan memberikan jus buah yang diencerkan atau memberikan air mineral. Selain itu memberikan cemilan seperti selai apel, roti kering, roti tawar, biskuit, dan yang lainnya juga bisa dilakukan. Selain itu hindari juga anak dari konsumsi makanan berminyak, pedas, atau minuman berkafein atau berkarbonasi sampai gejala yang dialami anak hilang.

Berikan anak waktu istirahat yang cukup. Cara yang kedua yang dapat dilakukan yaitu dengan memenuhi kecukupan istirahat anak. Pastikan juga anak untuk menghindari berbagai aktivitas yang mengganggu terutama setelah anak makan.

Berikan obat alami sakit perut. Ada berbagai pilihan obat alami untuk mengatasi sakit perut pada anak. Berbagai bahan alami yang bisa diberikan untuk untuk mengatasi sakit perut ini seperti berikut.

- Minuman air jahe. Minuman air jahe bisa sangat bermanfaat untuk membantu kerusakan pada tubuh dan juga radikal bebas. Selain itu kandungan dalam jahe juga bermanfaat untuk mengurangi rasa mual dan ketidaknyamanan pada pencernaan serta menetralkan asam lambung pada anak.

- Teh chamomile. Masalah perut pada anak selanjutnya juga bisa dilakukan dengan memberikan teh chamomile yang memiliki sifat anti-inflamasi dan obat penenang. Semua ini bermanfaat untuk membuat perut menjadi lebih nyaman, melancarkan saluran pencernaan, meredakan kontraksi, dan kejang serta kram pada perut anak.

Berikan kompres pada perut anak. Memberikan kompres dengan air hangat pada perut anak bisa mengurangi rasa sakit pada perut. Ini karena panas yang dikenakan dengan kompres pada perut dapat mengalirkan darah ke permukaan kulit. 

- Berikan yogurt. Kandungan nutrisi dalam yogurt bermanfaat dalam mengatasi kram perut  serta menjadi makanan efektif untuk mengatasi anak yang mengalami diare. Bakteri baik pada yogurt bisa hidup di usus dan membantu masalah pencernaan sehingga dengan konsumsi yang tepat bisa mengatasi masalah sakit perut pada anak. Selain itu berikan juga Nutricia sebagai sumber nutrisi penting untuk pertumbuhan anak menjadi sehat dan kuat. 

Konsumsi makanan hambar. Walaupun sedang sakit perut pastikan anak tetap konsumsi makanan sebagai sumber energinya. Supaya makanan yang diberikan bermanfaat untuk masalah sakit perut anak berikan makanan dengan rasa sedikit hambar seperti dengan roti panggang, pasta, oatmeal dan yang lainnya. Makanan yang hambar lebih mudah dicerna dan tidak terlalu mengiritasi perut anak yang sedang bermasalah.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Top Up Pulsa Cepat dan Mudah Secara Online

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Memahami Proses Kreatif di Balik Kampanye Digital Agency Terbaik