Perlu Diketahui Sebelum Membeli Perhiasan Berlian Wanita



Segala sesuatu yang berhubungan dengan berlian, pastinya selalu menarik untuk dijadikan sebagai bahan perbincangan. Apalagi bagi para kolektor perhiasan berlian ataupun bagi anda yang dalam waktu dekat ini memang ada rencana untuk membeli perhiasan berlian wanita di Mondial Jeweler, maka anda wajib mengetahui lebih lanjut mengenai segala sesuatu mengenai berlian ini. 

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai berbagai hal yang harus anda ketahui mengenai perhiasan yang terbuat dari bahan berlian ini. tanpa berlama-lama lagi, yuk kita simak ulasannya dibawah ini. 

Definisi Berlian 



Pemilihan kata berlian ini sejatinya diambil dari bahasa Yunani Kuno, yang memiliki arti “Tidak Terkalahkan”. Dan tentunya pemilihan kata ini tidak sembarang dikasih, mengingat daya tahan dan kualitas dari apa yang ditawarkan oleh berlian ini memang bukan main-main. 

Berlian ini sendiri asal mulanya dari bawah gunung berapi yang kita kenal memiliki suhu yang sangat tinggi. Dan kemudian batu berlian ini bisa muncul ke permukaan bumi akibat dari letusan vulkanik yang jarang terjadi. Dengan demikian mengapa batu berlian ini dijual sangat mahal, karena bisa dibilang batu berlian ini cukup langka dan juga memiliki ketahanan yang begitu luar biasa, sehingga bisa mencapai tingkat kekerasan sebesar 10 Mohs. 

Salah Kaprah Mengenai Batu Berlian dan Intan

Masih banyak orang yang menduga bahwa batu berlian dan intan merupakan jenis batuan yang berbeda. Padahal kedua jenis bebatuan ini masih sama saja, cuma bedanya intan ini sendiri merupakan berlian yang belum diolah untuk menjadi sebuah perhiasan berlian terbaru, atau istilahnya masih berupa berlian mentah. 

Untuk intan ini sendiri, terdiri dari berbagai macam kualitas. Ada yang berkualitas baik untuk kemudian dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan berbagai perhiasan berlian. Sementara yang berkualitas kurang baik, biasanya dijadikan untuk keperluan industri. 

Cara Mengetahui Kualitas Berlian

Harga jual dari berlian bisa dipengaruhi oleh kualitas yang dimiliki oleh sebuah berlian. Yang mana semakin tinggi kualitas dari suatu berliannya, maka akan semakin tinggi pula nilai jual dari suatu perhiasan berlian terbaru tersebut. Dan untuk mengetahui kualitas yang dimiliki oleh suatu berlian ini, sejatinya bisa diukur dengan metode 4C dalam berlian. Lebih lengkapnya mengenai 4C dalam berlian ini, bisa anda simak sebagai berikut.

  1. Carat

Satuan ukur dalam berlian disebut dengan carat, semakin tinggi carat dari suatu berlian maka akan semakin tinggi nilai jualnya. Namun adakalanya berlian yang memiliki carat yang sama, bisa dijual dengan nominal yang berbeda dengan melihat dari karakteristik 4C berlian yang lainnya. 

  1. Clarity

Clarity atau kejernihan dalam suatu berlian, merupakan salah satu pengukuran kualitas berlian dengan melihat dari ada tidaknya kecacatan dalam suatu berlian. Semakin minim cacat atau “tanda lahir” yang dimiliki oleh suatu berlian ini, maka akan semakin melambung harganya. 

  1. Color

Warna atau color dalam suatu berlian juga menjadi salah satu faktor penting ketika anda mau memutuskan untuk membeli berbagai macam jenis perhiasan yang terbuat dari bahan batu berlian ini. Dan untuk menentukan faktor kualitas warna atau color dari suatu berlian ini, bisa dilihat dari segi warna yang ditonjolkan. Bila terdapat warna kekuningan pada suatu berlian, maka akan semakin rendah kualitas yang ditawarkan oleh berlian tersebut. Pasalnya berlian yang benar-benar berkualitas tinggi, biasanya tidak memiliki warna sama sekali alias jernih. 

  1. Cut

Cut atau potongan dalam berlian secara tidak langsung bisa mempengaruhi keindahan dalam suatu berlian. Sebabnya, potongan dalam berlian ini secara otomatis bisa mempengaruhi penyebaran serta pantulan cahaya yang dihasilkan dari suatu berlian. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Top Up Pulsa Cepat dan Mudah Secara Online

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Memahami Proses Kreatif di Balik Kampanye Digital Agency Terbaik