Cara Mengatasi Kecanduan Gadget

Di era sekarang ini salah satu alat yang dibutuhkan dari kebanyakan orang pada umumnya yaitu Gadget. Ini merupakan alat untuk membantu berbagai kebutuhan orang-orang saat ini, namun selain membantu juga bisa memberikan efek yang tidak baik saat digunakan terlalu berlebihan. Salah satu contohnya yaitu saat ini banyak anak yang kecanduan gadget, tentu ini sangat tidak baik. Terlebih untuk anak-anak yang saat ini sedang tumbuh.

Namun untuk mengatasi jika anak mengalami kecanduan gadget ini tentu ada beberapa cara yang bisa Ayah dan Bunda lakukan. Apa saja caranya? Yuk kita lihat disini.

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget

  1. Mematikan Semua Notifikasi

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mematikan semua notifikasi dari aplikasi jejaring sosial yang sudah terinstall di smartphone Anda. Kalau alasan mematikan notifikasi tersebut bisa membuat hilang kontak dengan kontak yang penting dalam hal ini Anda Bisa memilih untuk mematikan notifikasi aplikasi mana yang ingin Anda nonaktifkan.  

Memang terkadang notifikasi keberadaannya mengganggu yaitu berasal dari aplikasi jejaring sosial. Dalam hal ini ANda bisa menonaktifkan jejaring sosial tersebut dengan cara supaya tidak terpicu untuk membuka apa yang sedang terjadi ada di jejaring sosial.

  1. Mematikan Gadget 1 Jam Sebelum Tidur

Biasanya seseorang memainkan gadget sebelum ia tidur, tidak jarang kebiasaan ini justru membuatnya sulit tidur. Kalau ingin menghindarkan anak dari kebiasaan buruk memainkan gadget terlalu sering serta menginginkan tidur supaya lebih baik maka Anda bisa membiasakan anak dengan mematikan gadgetnya 30 menit atau 1 jam sebelum Anak tidur.

  1. Ganti Gadget dengan Buku

Budaya membaca saat ini memang sudah banyak ditinggalkan kebanyakan orang. Namun sebaiknya ini jangan Anda tinggalkan, terlebih untuk anak-anak sebaiknya Anda biasakan untuk membaca buku. Berilah buku yang menarik tentunya yang disukai oleh anak-anak.

Itulah beberapa cara mengatasi kecanduan gadget yang tentu saja bisa Anda terapkan untuk anak Anda. beberapa cara diatas tentunya akan sangat membantu menanggulangi anak supaya tidak berlebihan memainkan hp dan tentu saja bisa terhindar dari kecanduan gadget.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Top Up Pulsa Cepat dan Mudah Secara Online

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Bisnis: Arti, Definisi, Karakteristik, Tujuan, Ruang Lingkup, dan Strategi Pertumbuhan