Cara Sederhana Mengobati Cacar Air

Cacar air merupakan salah satu jenis ruam anak yang kerap ditemui. Tidak hanya menyerang anak-anak saja, penyakit cacar air ini juga bisa saja menyerang orang dewasa yang daya tahan tubuhnya sedang menurun. Yang dimana cacar ini bisa terjadi akibat dari infeksi dari virus varicella zoster.

Meski cacar air ini bisa sembuh dengan sendirinya, namun yang namanya penyakit ruam anak ini, patut diwaspadai juga karena bisa berkembang semakin parah dan menjalar ke seluruh tubuh. Berbagai indikasi awal anak terkena cacar air ini bisa dikenali dengan tidak nafsu makan, tubuh terasa lemas, adanya demam, merasa gatal-gatal yang berlangsung cukup lama, dan lain sebagainya. 

Setelah itu, bila sudah muncul ruam berbintik merah pada sekitaran area wajah, dada, perut, dan juga punggung, maka sudah dipastikan bahwa sikecil sudah terkena penyakit cacar air ini. Secara medis, memang belum ada pengobatan yang khusus untuk menangani penyakit ruam anak yang satu ini. Namun sejatinya, masih terdapat berbagai metode pengobatan yang bisa membantu menyembuhkan penyakit cacar air ini, dan berikut diantaranya :

Mengkonsumsi es lilin tanpa gula

Penyakit cacar air juga kerap ditemui bisa menyerang area dalam mulut, dan bila ini terjadi rasa sakitnya juga sangat menyiksa. Dan sebagai cara sederhana untuk bisa membantu meredam cacar air di area dalam mulut ini, bisa dengan cara mengkonsumsi es lilin yang tanpa ada kandungan gula didalamnya. Selain bisa membantu meredakan cacar air dalam area mulut, cara ini juga ampuh untuk mengatasi dehidrasi ketika sikecil terkena ruam yang satu ini. 

Dengan menggunakan losion calamine

Dengan mengoleskan losion calamine pada area kulit yang terasa gatal, sudah banyak terbukti bisa mengurangi rasa gatal pada kulit. Hal ini dikarenakan dalam losion calamine ini, mengandung Zinc Oxide (ZnO) yang merupakan sebuah kandungan mineral, yang dapat membantu menenangkan kulit, mengobati, serta dapat mencegah ruam pada kulit. 

Mengkompres dengan air es

Metode mengkompres dengan air es atau istilahnya kompres dingin ini, ternyata sudah banyak terbukti bisa membantu meredakan rasa gatal yang diakibatkan oleh penyakit cacar air. Untuk caranya cukup sederhana, anda tinggal membungkus beberapa kantong es dengan handuk yang bersih, untuk kemudian dioleskan secara lembut ke area kulit yang terasa gatal. 

Mengkompres dengan teh chamomile

Kandungan yang tedapat dalam chamomile sejatinya mengandung antiseptik serta anti inflamasi saat akan dioleskan ke area kulit yang gatal. Cara ini tentunya terbilang cukup sederhana untuk membantu meredakan rasa gatal akibat cacar air, karena teh chamomile ini sendiri mudah ditemui dimana saja. Untuk metode pengobatannya sendiri, anda tinggal seduh 2-3 kantong teh chamomile ini dengan menggunakan air hangat. Selanjutnya, celupkan potongan kapas lembut atau bisa juga dengan menggunakan waslap kedalam teh tadi, dan tinggal oleskan ke area kulit yang sedang terasa gatal. 

Mandi menggunakan campuran baking soda

Mandi dengan menggunakan campuran baking soda, juga ternyata bisa menjadi salah satu alternatif lain untuk membantu meredakan rasa gatal akibat cacar air. Caranya cukup simpel, tambahkan baking soda atau soda kue ini kedalam bak mandi air hangat dengan takaran sebanyak satu cangkir saja. Rendam dulu kira-kira selama 15-20 menit lamanya, untuk kemudian sikecil bisa mandi dengan campuran air serta baking soda ini. Lakukan sebanyak 3 kali sehari untuk hasil yang lebih optimal. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Tips Memilih Tempat Kursus Film Terbaik dan Kredibel

Qnet Sebagai Perusahaan Direct Selling Hadirkan Produk Terbarunya