Tips Ketika Membeli Hadiah Unik Berupa Berlian

Ketika ingin merayakan momen spesial bersama pasangan seperti ulang tahun, acara kelulusan, atau tunangan. Biasanya kita akan menyiapkan suatu hadiah untuk mengejutkan pasangan. Seringkali kita bingung dalam menentukan hadiah apa yang pasangan kita inginkan agar mereka senang. 

Jika kamu bingung, kamu bisa membelikan berlian sebagai hadiah unik dan istimewa untuk pasanganmu. Berlian memiliki harga yang tinggi, namun hadiah unik ini memiliki nilai dan manfaat yang tinggi juga. Selain sebagai hadiah berlian juga bermanfaat sebagai investasi dan bisa dijadikan perhiasan. 

Sebelum membeli berlian, ada baiknya kamu tidak asal pilih dan mengenali dulu bagaimana cara melihat kualitas berlian. Untuk sebagian orang yang awam tentang berlian, akan sulit membedakan berlian asli atau palsu dan bagaimana menilai kualitas berlian yang bagus. Lalu, bagaimana caranya mengetahui kualitas berlian? 

Terdapat istilah 4C untuk melihat kualitas berlian, yaitu Cut (Potongan), Color (Warna), Carat (Karat), dan Clarity (Kemurnian). 4C digunakan untuk menilai harga dan kualitas berlian. Berikut kami rangkum penjelasan mengenai 4C.

Cut (Potongan)

Potongan berlian menentukan bagaimana berlian tersebut akan dibentuk dan mempengaruhi tingkat kilauan berlian. Ada berbagai macam bentuk berlian yang dapat anda sesuaikan dengan selera pasangan mulai dari round cut, emerald cut, heart cut, dan sebagainya. Setiap bentuk memiliki tingkat kilauan yang berbeda, semakin berkilau berliannya maka semakin mahal dan bagus kualitas berlian. 

Color (Warna)

Berlian memiliki berbagai macam warna, mulai dari kuning, abu-abu, coklat dan merah hingga berlian yang tidak memiliki warna atau colorless. Anda dapat menyesuaikan dengan warna favorit pasangan agar pasangan anda semakin bahagia. Untuk harga dan kualitas, berlian yang tidak berwarna atau colorless merupakan tipe yang paling mahal harganya dan kualitasnya paling bagus. Namun harga dan kualitas berlian ini dapat turun jika terdapat residu warna lain tercampur walaupun hanya dalam jumlah yang sedikit. Di Antara berlian berwarna, warna merah merupakan warna yang paling langka.

Warna belian juga memiliki tingkat penilaian sendiri, dimulai dari tingkat D hingga tingkat Z. tingkat D merupakan berlian yang tidak berwarna atau colorless dan sampai tingkat Z merupakan berlian dengan warna kuning atau kecoklatan.

Carat (Karat)

Karat merupakan satuan massa untuk menghitung berat berlian. 1 karat sama dengan 0,2 gram atau 200 miligram. Semakin besar volume berlian maka semakin besar juga karatnya. Biasanya berlian dengan ukuran lebih dari 0,5 karat dijadikan sebagai investasi. Ukuran yang kurang dari itu bisa digunakan sebagai perhiasan. Terkadang ukuran karat yang lebih besar belum berarti kualitas berlian tersebut lebih baik. Berlian dengan ukuran karat lebih kecil mungkin saja secara kualitas dan harga lebih baik daripada yang besar dengan kualitas buruk.

Clarity (Kemurnian)

Tingkat kejernihan berlian sangat menentukan kualitas berlian tersebut. Goresan, bintik, noda, dan gelembung yang terdapat pada berlian dapat mempengaruhi kualitas berlian. Untuk memeriksa partikel-partikel atau cacat kecil ini dibutuhkan alat khusus, karena akan sulit melihatnya menggunakan mata telanjang. 

Noda pada berlian biasa disebut blemishes, sementara material lain yang terjebak di dalam berlian disebut inclusion. Blemishes dan inclusion berguna sebagai tanda pengenal berlian, sama seperti sidik jari pada manusia. Sehingga memberikan tiap berlian keunikan tersendiri dan dapat digunakan sebagai tanda pengenal.

Setelah mengetahui bagaimana menilai kualitas berlian yang bagus, kamu bisa dengan tenang memberikan hadiah unik ini untuk pasanganmu. Kamu dapat memilih jenis potongan, tingkat kejernihan, warna, dan berat berlian yang sesuai dengan selera pasanganmu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Tips Memilih Tempat Kursus Film Terbaik dan Kredibel

Qnet Sebagai Perusahaan Direct Selling Hadirkan Produk Terbarunya