6 Mata Kuliah Wajib Jurusan Sistem Informasi Yang Harus Dikuasai

jurusan sistem informasi

Kuliah kini telah menjadi kebutuhan penting jika kita ingin mendapatkan pekerjaan yang bonafit. Hal ini dikarenakan persyaratan yang dikeluarkan perusahaan rata-rata mengharuskan memiliki pendidikan minimal S1. Memilih jurusan tidak cukup jika hanya didasarkan pada passion, namun yang paling baik adalah Anda mampu menjalaninya. Selain itu, prospek kerja juga menjadi pertimbangan penting sehingga setelah lulus Anda pun dapat langsung bekerja. Jurusan sistem informasi merupakan jurusan dengan prospek kerja yang tinggi karena tersedia beragam profesi. 

7 Mata Kuliah Penting Yang Akan Dipelajari

Jika Anda tertarik dengan jurusan ini maka silahkan simak apa saja mata kuliah yang akan Anda pelajari.

Matematika & Statistika

Matematika dan statistika merupakan hal yang penting dalam jurusan ini sehingga Anda harus menguasainya dengan baik. Mata kuliah wajib ini akan Anda pelajari pada saat awal masuk perkuliahan. Dengan demikian, Anda pun harus membiasakan diri berkutat dengan angka-angka. 

jurusan sistem informasi

Mata kuliah selanjutnya akan Anda pelajari yaitu statistika yang juga masih berhubungan dengan angka. Umumnya, kampus akan memberikan mata kuliah matematika terlebih dahulu dan pada semester berikutnya baru akan belajar statistika. Pastikan Anda memiliki kemampuan matematika yang baik agar lebih mudah menjalaninya.

Pemrograman

Anda akan sering bertemu dengan mata kuliah pemrograman atau bahkan hingga semester akhir. Tugas-tugas yang akan Anda dapatkan pun akan selalu berhubungan dengan pemrograman. Oleh karena itu, mahasiswa sistem informasi dituntut untuk memiliki logika yang kuat agar tidak kesulitan dalam memahami pemrograman. Kemampuan lain yang dibutuhkan untuk menguasai pemrograman yaitu kreativitas, kemampuan dalam mencari solusi dan kemampuan berhitung.

Ekonomi

Meskipun termasuk dalam fakultas teknik, Anda nantinya akan mempelajari ilmu ekonomi bahkan manajemen dan akuntansi. Hal ini dikarenakan sistem informasi merupakan gabungan dari ilmu komputer dengan bisnis dan management. Mempelajari ekonomi ini bertujuan agar Anda nanti dapat memahami undang-undang serta berbagai macam peraturan dalam berbisnis yang dikeluarkan oleh pemerintah. 

Kepemimpinan

Keunikan dari jurusan ini yaitu Anda juga akan diajarkan untuk memiliki jiwa kepemimpinan. Hal ini merupakan persiapan ketika Anda terjun dalam dunia kerja karena untuk mengerjakan proyek. Selama proses pengerjaan tersebut Anda akan berhadapan dengan tim dan banyak orang lainnya. Oleh sebab itu, Anda pun harus mampu memimpin tim Anda agar dapat menyelesaikan proyek dengan baik.

Sistem & Data

Data merupakan bagian yang terpisahkan dari program studi sistem informasi. Data-data tersebut tentu sangat berhubungan dengan sistem karena tanpa adanya data sistem tersebut tidak dapat berjalan. Pada mata kuliah ini Anda akan belajar bagaimana cara mengolah, memproses dan output data tersebut. 

Analisis

Segala sesuatu tentu akan memiliki kendala masing-masing. Agar kendala tersebut dapat segera diatasi maka Anda harus memiliki kemampuan analisis yang bagus. Kendala yang mungkin dihadapi oleh sistem informasi yaitu masalah pada komputer atau sistem. Analisis juga mencakup banyak hal diantaranya seperti biaya, peralatan dan cara mengatasi permasalah yang timbul.

IDS Digital College

Agar Anda lebih mudah dalam memahami materi perkuliahan maka pilihlah kampus yang memiliki tenaga pengajar yang profesional dan berpengalaman. IDS Digital College merupakan perguruan tinggi yang memiliki tenaga pengajar berkualitas, profesional dan berpengalaman. Anda juga akan merasakan suasana pembelajaran yang berbeda karena menggunakan kurikulum standar internasional.

Jurusan yang ditawarkan diantaranya Cyber Security, Software Engineer dan Mobile Apps & Games Development. Ketiganya menjadi jurusan tinggi peminat karena memiliki peluang karir dan prospek kerja yang cemerlang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Top Up Pulsa Cepat dan Mudah Secara Online

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Memahami Proses Kreatif di Balik Kampanye Digital Agency Terbaik