Tahap Perkembangan Psikologi Anak Usia Dini

perkembangan anak usia dini

Perkembangan psikologi anak menjadi hal penting yang perlu diperhatikan orang tua. Dalam hal ini orang tua dan lingkungan akan berperan besar dalam membantu proses tumbuh kembangnya dari sisi psikologi. Si Kecil yang mendapatkan dukungan dan perawatan dari orang tua cenderung mampu mengembangkan pola perilaku yang aman. Sedangkan anak yang tidak mendapatkannya berlaku sebaliknya dimana pola perilaku tidak teratur. Perkembangan anak usia dini dari sisi psikologi memiliki beberapa tahapan sebagai berikut:

Tahapan Sensorimotor

Tahapan pertama adalah periode kelahirannya hingga si Kecil memasuki usia 2 tahun. Pada masa tersebut pengetahuan si Kecil tentang dunia masih sangat terbatas. Perilaku mereka juga masih terbilang cukup terbatas di mana anak akan memberikan respon motorik sederhana dari rangsangan sensorik. Inilah yang kemudian dinamakan tahapan sensorimotor.

perkembangan anak usia dini

Tahapan Pra-Operasional

Tahapan perkembangan anak usia dini dari sisi psikologi selanjutnya adalah tahapan pra-operasional. Si Kecil masuk tahapan pra-operasional ketika menginjak usia 2-6 tahun. Pada usia tersebut, anak biasanya akan belajar menggunakan bahasa yang sehari-hari didengarkan. Pada tahapan ini, si Kecil belum paham mengenai logika konkret sehingga belum bisa memanipulasi informasi dan mengambil sudut pandang.

Tahapan Operasional

Si Kecil memasuki tahapan operasional ketika berusia 7-11 tahun. Pada masa ini si Kecil lebih memahami mengenai perkembangan mental. Mereka bisa berpikir secara logis terhadap hal-hal konkret namun masih sulit memahami hal abstrak atau yang baru sekedar hipotesis.

Tahapan Operasional Formal

Tahapan terakhir adalah operasional formal yang berada di periode usia 12 tahun ke atas. Jika tahapan sebelumnya si Kecil belum memahami hal abstrak, maka tahapan ini mereka sudah bisa belajar memahaminya. Beberapa keterampilan yang mulai berkembang yaitu penalaran deduktif, pemikiran logis, dan perencanaan secara sistematis.

Itulah informasi mengenai tahapan perkembangan anak usia dini dari sisi psikologi. Mam dan Pap harus memberikan perawatan dan dukungan yang tepat untuk membantu perkembangan psikologi si Kecil. 

Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian  susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (susu pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ ╬▒Lipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Tips Memilih Tempat Kursus Film Terbaik dan Kredibel

Qnet Sebagai Perusahaan Direct Selling Hadirkan Produk Terbarunya