Stimulasi Tepat Untuk Perkembangan Kognitif Si Kecil

Perkembangan kemampuan rasional pada si kecil merupakan perkembangan yang sangat penting dalam proses pertumbuhannya. Kemampuan rasional ini termasuk kemampuan dalam aspek mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, sintesis serta penilaian. Perkembangan rasional juga biasa disebut dengan perkembangan kognitif, perkembangan ini mulai berkembang pesat ketika si kecil berusia 1 tahun ke atas. 

Supaya perkembangan kognitif si kecil berjalan optimal, Mam dan Pap perlu memberikan stimulasi yang tepat. Berikut ini adalah beberapa stimulasi yang bisa Mam dan Pap lakukan untuk mendukung perkembangan rasional si kecil.

Meningkatkan Atensi atau Perhatian


Atensi atau perhatian merupakan sebuah proses menangkap informasi, mengingat dan sebagainya. Untuk meningkatkan atensi atau perhatian si kecil Mam dan Pap perlu memberikan stimulasi berupa:

  1. Belajar melalui komunikasi sehari-hari
  2. Membacakan cerita ketika akan tidur
  3. Melalui media permainan atau alat bantu
  4. Menghindari kebiasaan memotong pembicaraan
Meningkatkan Kemampuan Bahasa dan Berbicara

Kemampuan ekspresif dan reseptif si kecil dilatih melalui kemampuan berbahasa dan berbicara. Mam dan Pap perlu memberikan stimulasi untuk perkembangan kognitif anak dalam hal bahasa dan berbicara. Stimulasi tersebut berupa:

  1. Memperbanyak komunikasi dengan si kecil
  2. Mengenalkan dan menegaskan berbagai emosi melalui kata-kata.
  3. Menghindari memberi si kecil gadget tanpa ada pendampingan
  4. Menghindari mengajak si kecil menonton TV terlalu lama
  5. Menggunakan permainan flash card untuk memperbanyak kosakata 

Meningkatkan Memori

Kemampuan si kecil mengumpulkan, menyimpan dan menggambarkan informasi yang diterima disebut dengan memori. Cara memberikan stimulasi berupa:

  1. Membagi cerita pengalaman sehari-hari dengan si kecil
  2. Bermain puzzle
  3. Bermain kartu dan permainan yang meningkatkan memori si kecil.

Selain memberikan stimulasi dari luar, untuk menunjang perkembangan kognitif, Mam juga perlu memberikan stimulasi dari dalam, yaitu melalui susu pertumbuhan. Susu pertumbuhan yang mengandung formula MULTIEXCEL alipids system mampu mendukung potensi si kecil serta kemampuan belajarnya. Susu tersebut adalah Wyeth Nutrition yang bernama S-26 Gold. S-26 Gold memiliki 2 varian, yaitu S-26 Procal Gold dan S-26 Promise Gold.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Qnet Sebagai Perusahaan Direct Selling Hadirkan Produk Terbarunya

Nikmati Nyamannya Hunian Apartemen Dekat Binus Alam Sutera

Pentingnya Penggunaan Krim Malam Bagi Kesehatan Kulit Wajah