Tips Belajar Menulis Agar Anak Semakin Pintar


Belajar tidak harus selamanya di sekolah. Bunda juga bisa mengajari anak di rumah. Salah satunya seperti mengajari mereka belajar menulis. Untuk mengajari mereka agar bisa menulis, tidak sesulit yang dibayangkan. Karena ada cukup banyak sekali tips dan trik yang bisa bunda coba untuk memudahkannya.

Nah, di sini, kami akan membagikan beberapa tips agar anak pintar menulis dengan bantuan bunda. Yuk, langsung intip apa saja tipsnya.


1.  Mengajari Anak Menulis dengan Menebalkan Huruf Tipis

Bunda bisa mengajari mereka menulis dengan membuat beberapa huruf terlebih dahulu. Namun, buatlah huruf tersebut tipis-tipis. Misalnya, membuat huruf A kapital secara tipis. Kemudian, mintalah si kecil untuk menulis huruf tersebut dengan menimpa huruf tipis yang sudah bunda buat sebelumnya.

Metode ini cukup efektif sekali. Selain belajar menulis, bunda juga bisa mengenalkan mereka jenis-jenis huruf yang mereka buat. Silahkan gambar huruf A hingga Z, kemudian suruh si kecil untuk mengikutinya.

2.  Ajari Menulis dengan Huruf Tunggal

Mengajari si kecil menuliskan huruf tunggal akan melatih perkembangannya. Silahkan buat huruf dari A hingga Z. Bagilah huruf tunggal yang akan dibuat ke dalam dua bagian. Pertama, buatlah huruf vokal terlebih dahulu. Kemudian, jika sudah terlatih, bisa melanjutkannya ke huruf-huruf lainnya, yaitu huruf konsonan.

Bunda juga bisa mencampurkan keduanya secara bersamaan. Dengan begitu, pengetahuan mereka akan semakin bertambah.

3.  Menulis dengan Suku Kata

Jika si kecil sudah masuk TK, maka ajarilah menulis ke tahap yang lebih sulit. Metode yang cocok untuk mereka yaitu belajar menulis satu kata. Jadi, kini si kecil sudah tidak diajari menulis kata satu per satu.

Pilih sebuah kata yang sangat sederhana saja. Misalnya seperti  suku kata ba, ca, da, dan beberapa lainnya. Jangan lupa untuk mengapresiasi tulisan mereka, ya. Beri mereka dukungan dan juga semangat agar mau melakukannya secara konsisten.

Nah, itulah beberapa tips belajar menulis yang bisa diajarkan kepada si kecil. Bagaimana, mudah bukan? Bunda bisa langsung mengaplikasikannya kepada si kecil. Lakukan secara konsisten agar hasilnya lebih baik dan juga optimal. Dukung juga tumbuh kembang mereka dengan memberi susu Dancow setiap hari                                                                                                                                                                                 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Top Up Pulsa Cepat dan Mudah Secara Online

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Memahami Proses Kreatif di Balik Kampanye Digital Agency Terbaik