Penerapan Parenting Untuk Membentuk Karakter Baik Anak

Anak merupakan suatu anugerah dari Tuhan yang perlu kita jaga khususnya para orang tua. Dengan titipan yang berharga tersebut tentunya para orang tua ingin anaknya memiliki karakter baik dan tidak melakukan hal-hal negatif. Di bawah ini ada beberapa tips parenting Indonesia yang bisa kamu terapkan agar anak memiliki karakter yang baik.

Hal yang penting pertama bagi orang tua ketika ingin menerapkan ilmu parenting Indonesia adalah jangan terlalu sering memanjakan anak. Menjadi orang tua sering kali tidak menyadari bahwa selama ini sering menuruti apa saja kemauan anaknya. Hal tersebut perlu untuk dihentikan sebab kita perlu memberi pelajaran bagi anak supaya tidak terlalu manja.

Misalnya seperti jangan menuruti kemauan anak saat dia sedang menangis karena ingin melihat televisi ketika waktu tidur malam. Atau memberi keinginan anak saat mau dibelikan suatu barang yang tidak dibutuhkan atau anak yang menangis karena ingin dibelikan gadget.

Dengan cara mendisiplinkan anak tersebut adalah salah satu hal penting untuk ilmu parenting Indonesia yang harus dilakukan para orang. Ini bertujuan untuk bisa membentuk karakter yang baik bagi anak.

Walaupun seperti itu lebih baik jangan memarahinya atau bahkan memukulnya saat mereka membuat suatu kesalahan. Lebih baik untuk mencoba menegurnya dengan cara yang lembut tetapi tetap tegas saat mereka membuat salah lalu beri pemahaman kepada mereka.

Lalu jangan lupa untuk selalu memberi pujian saat anak melakukan suatu hal yang baik. Ini akan memberi motivasi baginya untuk selalu menjadi seorang yang baik.

Tips berikutnya yang perlu dilakukan orang tua adalah selalu meluangkan waktu setiap harinya untuk anak. Para anak yang tidak mendapatkan cukup perhatian dari orang tuanya sering kali melakukan hal yang tidak baik atau melakukan hal yang buruk. Sering kali anak melakukan hal buruk tersebut untuk bisa mendapatkan perhatian orang tuanya.

Untuk itu meskipun sangat sibuk sebaiknya selalu luangkan waktu untuk bisa terlibat dalam kehidupannya. Apalagi untuk para ayah yang terlalu fokus pada pekerjaan. Meluangkan waktu  untuk anak merupakan salah satu hal yang penting supaya bisa terjalin hubungan antara ayah dan juga anak dengan baik.

Perlu diingat juga dengan terlibat ke kehidupan anak ini bukan berarti kamu perlu terus-menerus ada di sampingnya selalu. Luangkan waktu dengan melakukan aktivitas positif bersama contohnya makan bersama, mengantar anak sekolah atau melakukan kegiatan bersama dengan anak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Qnet Sebagai Perusahaan Direct Selling Hadirkan Produk Terbarunya

Nikmati Nyamannya Hunian Apartemen Dekat Binus Alam Sutera

Pentingnya Penggunaan Krim Malam Bagi Kesehatan Kulit Wajah