Apa Itu Program Ekstensi D3 ke S1? Berikut Penjelasannya!

program ekstensi d3 ke s1

Tertarik mengambil program ekstensi D3 ke S1 tapi belum tahu lebih detail tentangnya? Nah dalam artikel ini kami akan membahas secara lengkap! Jalur ekstensi atau alih jenjang merupakan salah satu jalur terfavorit bagi para lulusan diploma yang ingin mendapatkan gelar sarjana. Ya betul sekali, daripada menempuh kuliah dari awal lagi untuk mendapatkan gelar S1, banyak lulusan diploma yang akhirnya memilih jalur ekstensi. 

Pengertian Jalur Ekstensi D3 Ke S1


Untuk memahami apa itu program ekstensi D3 ke S1, maka Anda mesti tahu beberapa jenis program perkuliahan. Pertama dan yang paling populer tentunya yaitu S1 reguler. Program S1 ini merupakan jalur perkuliahan paling lengkap dengan SKS yang paling banyak dibanding jenis program perkuliahan lainnya. Lalu ada program vokasi atau lebih populer disebut dengan diploma. Berbeda dengan S1, program diploma ini hanya membutuhkan waktu 3 tahun agar bisa lulus. 
Nah selain program S1 dan program D3, dikenal juga program ekstensi. Apa itu program ekstensi? Nah program ekstensi ini pada dasarnya yaitu program alih jenjang lulusan diploma ke program S1. Jadi program ini secara spesifik boleh diikuti oleh seluruh lulusan diploma. Ada banyak hal yang membuat seseorang mengambil jalur ekstensi, berikut beberapa diantaranya:

Bingung Sehabis D3 Mau Ngapain 


Salah satu alasan mengapa seseorang mengambil jalur ekstensi yaitu bingung setelah D3 mau ngapain. Pada umumnya, lulusan diploma akan mencari kerja setelah lulus kuliah. Adakalanya seseorang kesulitan mendapatkan kerja sehingga akhirnya memutuskan untuk kuliah kembali. Selain itu, beberapa orang merasa jenuh dengan pekerjaannya sehingga memutuskan untuk kuliah kembali. 

Break Kerja


Banyak lulusan diploma yang berniat melanjutkan kuliah ke jalur S1 setelah bekerja. Ya, banyak lulusan diploma yang mesti menunda dulu untuk kuliah S1 karena mesti bekerja.  Hal tersebut dikarenakan seseorang mengalami kesulitan finansial. Namun pasca bekerja atau sedang bekerja, banyak orang yang akhirnya mulai mengambil jalur S1 kembali. 

Universitas Lama Tidak Menyediakan Program S1


Beberapa orang mengambil program ekstensi karena universitas yang lama tidak menyediakan program S1. Alhasil, seseorang mesti mengambil program alih jenjang agar bisa mendapatkan gelar yang sesuai dengan minat.

Selain beberapa alasan di atas, masih banyak alasan lain yang membuat orang mengambil program ekstensi diploma ke sarjana. Mungkin Anda termasuk orang yang memiliki salah satu alasan di atas. Sebelum Anda mengambil jalur ekstensi ini, ada baiknya Anda mengecek saran di bawah ini!

Pilih Universitas yang Tepat


Sebelum Anda mengambil jalur ekstensi, pastikan bahwa Anda tidak salah memilih universitas. Akan sangat fatal jika Anda salah pilih. Misalnya Anda memilih universitas yang tidak memungkinkan jadwal kuliah fleksibel. Lalu bagaimana Anda menyeimbangkannya dengan jadwal kerja Anda yang penuh? 

Selain itu, pastikan pula bahwa jurusan yang Anda pilih sesuai dengan jurusan yang pernah Anda jalani sebelumnya. Simpel saja karena Anda tidak perlu mengikuti materi perkuliahan dari awal lagi. Kami sangat merekemondasikan Anda untuk kuliah ekstensi di IDS Digital College karena memungkinkan waktu kuliah fleksibel. Selain itu, IDS Digital College juga punya kurikulum yang sangat bagus. 

Nah itulah ulasan lengkap program ekstensi D3 ke S1, semoga Anda bisa memahaminya dengan baik. Jika Anda ingin mengambil program alih jenjang, maka sebaiknya Anda memilih IDS Digital College. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Top Up Pulsa Cepat dan Mudah Secara Online

6 Model Kalung Emas Terbaru Yang Patut Dicoba

Bisnis: Arti, Definisi, Karakteristik, Tujuan, Ruang Lingkup, dan Strategi Pertumbuhan