Ajari Si Kecil Belajar Berhitung Sambil Bermain

belajar berhitung

Menyiapkan si kecil untuk menghadapi masa sekolah bisa dimulai usia dini atau kurang lebih 1 tahun keatas. Salah satunya dengan mengenalkan pelajaran matematika dimana nantinya kemampuan kognitif yang mereka miliki akan ‘terasah’ terutama saat memasuki tingkat pendidikan yang lebih tinggi yaitu TK. Adapun pelajaran yang bisa bunda ajarkan adalah belajar berhitung yang tentu saja dibarengi dengan bermain. Jika dilakukan dengan cara menyenangkan tentu akan memudahkan si kecil dan bunda untuk belajar bersama.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus bunda perhatikan dalam mengenalkan perhitungan yaitu tidak memaksakan mereka untuk bisa pandai dalam waktu singkat. Hal ini akan membuat si kecil merasa trauma. Sebaliknya, dengan memperhatikan kemampuannya untuk belajar akan lebih memudahkan segalanya. Meskipun pada awalnya terasa berat akan tetapi bunda harus tetap mengenalkan pendidikan sejak dini. Karena cukup banyak manfaat yang ditawarkan salah satunya adalah membuat si kecil bisa mandiri serta mampu bersosialisasi dengan temannya. Dan bukan tidak mungkin, dengan belajar berhitung  sambil bermain membuat kerja otak jadi lebih cepat.



Ada banyak cara yang bisa bunda lakukan untuk mengenalkan perhitungan angka salah satunya menggunakan obyek yang bisa ia lihat. Misalnya saja saat membacakan sebuah buku maka tanpa ia sadari bunda bisa bertanya berapa jumlah hewan yang ada pada cerita tersebut. Atau, saat ia menyanyikan sebuah lagu maka bunda bisa mengajaknya untuk berhitung.

Adapun konsep belajar sambil bermain sangatlah luas dalam artian tidak hanya menggunakan media tertentu seperti angka akan tetapi benda lain pun bisa digunakan. Menggunakan bahan dapur, mengajaknya keluar rumah untuk melihat sekeliling hingga bereksplorasi dengan berbagai alat adalah cara terbaik dalam mengenalkan si kecil belajar berhitung.

Yang penting, suasana bermain sambil belajar tetap harus bunda terapkan mengingat usia mereka yang masih ingin bermain. Terkadang, mereka merasa tidak sabar ataupun bosan. Nah, disinilah peran bunda untuk selalu mendampingi si kecil dalam belajar. Jadi, jangan tunda lagi ya bunda untuk mengenalkan pendidikan sejak dini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Qnet Sebagai Perusahaan Direct Selling Hadirkan Produk Terbarunya

Nikmati Nyamannya Hunian Apartemen Dekat Binus Alam Sutera

Pentingnya Penggunaan Krim Malam Bagi Kesehatan Kulit Wajah