Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Gadai Sertifikat Rumah

gadai sertifikat rumah
Gadai sertifikat rumah

Rumah merupakan aset penting dan berharga yang dimiliki oleh seseorang. Pasalnya, tanpa rumah seseorang tidak bisa hidup dengan nyaman dan juga aman. Meskipun begitu, gadai sertifikat rumah tetap menjadi pilihan ketika Anda membutuhkan dana besar dalam waktu singkat. Hal tersebut wajar karena pinjaman dengan jaminan sertifikat memiliki limit pinjaman yang tinggi serta proses pencairan yang cepat. 

Namun sebelum mulai mengajukan pinjaman dan menggadaikan sertifikat rumah, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan yaitu: Lokasi Rumah Dibandingkan dengan jenis jaminan lain seperti BPKB motor dan BPKB mobil, jaminan berupa rumah memiliki nilai yang tinggi karena harganya yang lebih mahal. Namun sayangnya, tidak semua rumah bisa diajukan sebagai jaminan. 


source : https://i1.wp.com/pmtrainers.biz/wp-content/uploads/2020/02/bfimultiguna-selalu-ada-jalan-untuk-mendapatkan-suku-bunga-pembiayaan-murah-selaluadajalan-masdullnet-masdull-marketingkredit-google-bing-yandex-alexa-masdullonline-750x425.jpg?resize=532%2C301


Bank atau lembaga pembiayaan bisa saja menolak pengajuan yang Anda lakukan jika rumah berada di kawasan yang kurang nyaman misalnya seperti kawasan rawan banjir atau risiko tinggi akan tindakan kriminalitas. Jadi pastikan rumah berada di kawasan yang aman dan nyaman sehingga bisa diterima. Syarat dan Ketentuan Semua lembaga pemberi pinjaman pasti memberikan persyaratan dan ketentuan khusus sebelum menerima pengajuan penggadaian sertifikat. 

Setiap perusahaan atau lembaga memberikan persyaratan yang berbeda-beda, jadi perhatikan betul apa saja persyaratannya. Jika Anda tidak memenuhi persyaratan dan ketentuan yang diberikan maka pengajuan pinjaman yang dilakukan akan ditolak. Lembaga Pemberi Pinjaman Saat ini ada banyak sekali lembaga pemberi pinjaman yang menawarkan gadai sertifikat rumah. 

Dari banyaknya lembaga yang ada, tidak semua kredibel dan terpercaya. Jika tidak teliti dalam memilih, bisa saja Anda dirugikan karena memilih lembaga yang tidak terpercaya. Oleh sebab itu, pilih lembaga pemberi pinjaman yang diawasi OJK atau Otoritas Jasa Keuangan seperti BFI Finance. Tidak hanya kredibel dan terpercaya, BFI juga memberikan bunga flat rendah sehingga angsuran yang akan Anda bayarkan setiap bulannya bisa lebih ringan. 

Pahami Risikonya Sebelum lebih jauh memilih menggadaikan sertifikat rumah, Anda wajib memahami apa saja risiko yang mungkin akan didapatkan. Karena termasuk pinjaman, risiko dari penggadaian sertifikat rumah akan ada ketika Anda telat atau bahkan gagal membayar angsuran setiap bulannya. Risiko rendah biasanya yaitu denda, namun jika gagal membayar angsuran bisa saja rumah Anda disita. Untuk itu penting memahami risikonya sehingga tidak akan telat atau gagal membayar angsuran. 

Jumlah Pinjaman yang Akan Diajukan Menggadaikan rumah untuk mendapatkan pinjaman dana bukan hal yang sepele. Risiko yang ada memungkinkan Anda untuk kehilangan rumah jika tidak mampu membayar angsuran. Cara agar Anda bisa membayar angsuran tanpa kendala adalah dengan mengajukan jumlah pinjaman sesuai dengan kemampuan. Jangan tergiur apabila lembaga penyedia dana menawarkan pinjaman di atas jumlah pengajuan Anda. 

Lakukan Simulasi Agar bisa lebih mudah dalam menentukan jumlah pinjaman, Anda bisa melakukan simulasi cicilan pinjaman. Ketika melakukan simulasi ini, Anda bisa melihat berapa besar cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya berdasarkan jumlah pinjaman yang ingin diajukan. Apabila nilai cicilan yang dihasilkan terlalu tinggi serta dianggap cukup menyulitkan, maka Anda bisa mengurangi jumlah pinjaman. 

Biasanya lembaga penyedia pinjaman memberikan fasilitas simulasi cicilan tersebut di website resminya, jadi Anda tinggal menggunakan saja. Itulah hal-hal yang harus Anda perhatikan sebelum gadai sertifikat rumah. Jika sudah mempertimbangkan hal-hal di atas dengan baik, selanjutnya Anda tinggal mengajukan pinjaman jaminan sertifikat rumah di BFI Finance. 

Tidak hanya rumah biasa saja, BFI Finance juga menerima penggadaian sertifikat rumah toko atau ruko. Baca dan pahami persyaratan yang ada di www.bfi.co.id. Setelah itu, Anda bisa mengajukan pinjaman langsung di website tersebut dengan memilih produk pinjaman jaminan sertifikat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Qnet Sebagai Perusahaan Direct Selling Hadirkan Produk Terbarunya

Nikmati Nyamannya Hunian Apartemen Dekat Binus Alam Sutera

Pentingnya Penggunaan Krim Malam Bagi Kesehatan Kulit Wajah